cara mengajar anak menulis

Cara mengajar anak menulis sangat perlu untuk di ketahui oleh orang tua terutama para ibu yang intensitas bersama anaknya lebih banyak daripada ayah.Bunda cara mengajar anak menulis ini perlu bunda ketahui agar bunda tidak perlu mendatangkan guru khusus untuk mengajari anak anda menulis cukup anda saja sebagi gurunya, karena guru terbaik buat anak kita adalah orang tuanya. Cara mengajar anak menulis merupakan dasar bagi anda untuk mengenalkan huruf-huruf dan rangkain kata-kata dalam kalimat.

Bunda menulis ternyata bisa membentuk karakter anak karena dalam menulis memerlukan latihan ketelatenan, konsentrasi, dan kerapian, ketiga sifat ini secara perlahan akan dimiliki anak apabila ia rajin menulis.Selain itu tulisan juga bisa menjadi pantulan atau gambaran karakter seseorang ada ilmu yang khusus mempelajari karakter orang melalui tulisan tangan yang ia tulis sendiri yang disebut ilmu grafologi.

cara mengajar anak menulis :
1. Bunda perlu kesabaran  dalam mengajar anak menulis karena terkadang untuk menulis satu huruf saja memakan waktu yang lama.

2.Ajarkan anak-anak kita untuk menuliskan kata-kata atau benda-benda yang sangat ia sukai sehingga anak akan termotivasi untuk menulisnya contoh menulis namanya sendiri.

3. Berikan buku husus untuk latihan menulis yang tidak monoton atau  menarik minat anak.

4. Bunda beriakan contoh penulisan huruf-huruf yang besar, kecil, dan tegak bersambung secara bertahap pada anak.

5.Bunda contohkan tekhnik penulisan setiap hurup dengan simple atau cara yang mudah sehingga anak mudah mengikutinya.

6. Sediakan buku yang ada gambar benda atau sesuatu yang menarik bagi anak dan di bawah gambar minta si anak untuk menyebutkan gambar apa dan menuliskan huruf awal benda tersebut.

7. Berikan pujian saat anak mampu menulis suatu hurup dengan benar, hal ini agar anak termotivasi untuk menulis huruf yang lain.

8. Jika anak sudah mulai bisa menulis huruf-huruf maka bunda ajarkan bagaimana merangkaikan huruf demi huruf agar menjadi suatu kata yang dapat di mengerti

9. Bunda harus konsisten dalam mengajari anak menulis karena apabila bunda tidak konsisten makan akan sia-sia anak kita tetap tidak mau menulis.

10. Berikan tauladan kepada anak yaitu bunda juga sering menuliskan sesuatu untuk anak misal ucapan selamat dll yang membuat anak penasaran untuk membacanya atau bunda menulis hadiah apa untuk anak apabila ia mampu membaca nama hadiah yang anda tulis

11.Menyuruh anak untuk menuliskan hadiah yang ia inginkan apabila ia mempunyai prestasi dalam menulis. sekecil apapun prestasinya dan hadiah yang anda berikan harus sesui dengan presatasi yang sudah ia capai.

Itulah bunda beberapa cara mengajar anak menulis semoga bermanfaat untuk anda dan si kecil.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Obat Keputihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template supported super blog pedia
Proudly powered by Blogger