Cara mengajar anak disiplin menggunakan waktu

Bunda cara mengajar anak disiplin menggunakan waktu harus bunda mulai dari usia dini saat anak-anak kita masih balitapun bisa kita mulai menanamkan disiplin menggunakan waktu. Cara mengajar anak disiplin menggunakan waktu yang efektif antara bermain, belajar. beristirahat, dan mendekatkan dirinya dengan keluarga. Bunda menanamkan disiplin ini memang sangat perlu untuk bunda dan ayah terapkan di rumah jika menginginkan anak kita menjadi generasi yang menghargai waktu sehingga ia bisa mencapai kesuksesan yang ia harapkan di masa depan. Bunda cara mengajar anak disiplin menggunakan waktu ini harus bunda benar-benar praktekan di rumah supaya saat anak-anak kita telah dewasa dan kita sudah tidak bisa mengawasi mereka setiap waktu maka kita berharap karakter disiplin yang sudah kita tanamkan sejak kecil akan membantu kita dalam mengawasi anak-anak kita di luar sana.


Cara mengajar anak disiplin menggunakan waktu :

1. Bunda saat kita ingin menerapkan suatu aturan di rumah hendaknya kita ajak diskusi anak kita tentang aturan yang kita buat sehingga ia merasa kalau  pendapatnya dihargai. Hal ini bisa kita lakukan jika anak kita sudah bisa bicara atau sudah masuk TK atau SD.

2. Bunda jika si kecil masih balita bunda bisa ajarkan ia tentang disiplin dengan cara ajarkan ia dengan kelembutan, kasih sayang, dan ketulusan dari hati anda maka ia akan merasa nyaman berada di samping anda dan mengikuti aturan andapun akan lebih mudah bagi dia karena ia merasa kalau anda adalah pigur atau sosok pelindung bagi dia tetapi walaupun ia belum bisa bicara atau masih belajar bicara maka tetap anda ajak ia diskusi tentang aturan-aturan yang anda buat. misal jam berapa ia harus istirahat dari bermain anda ajak si kecil berdiskusi tentang itu, maka si kecilpun akan merespon hal itu dengan positif.

3.Bunda bisa bantu anak kita agar bangga terhadap dirinya sendiri  seperti jika ia mempu disiplin menggunakan waktu maka anda puji dia dengan tulus sehingga ia akan bangga pada dirinya dan mau mengulangi hal baik tersebut lagi.

4. Bunda tunjukanlah sikap positif dan kasih sayang padanya atas hal positif yang telah ia kerjakan.

5. Bunda berilah perhatian lebih saat anak anda mampu menerapkan aturan, memeberi bantuan , dan menunjukan afeksi.

6.Bunda ajarkanlah kedisiplinan dengan konsisten dan konsekuensi yang jelas.



Bunda hal lain yang perlu bunda ketahui agar bunda lebih mudah menanamkan sikap disiplin pada anak adalah :

1.Bunda luangkanlah waktu berkualitas dengan anak anda

2. Bunda kenalilah  perkembangan anak kita

3. Bunda berilah anak kita dukungan dan pujian saat ia melakukan hal positif

4. Bunda jadilah contoh yang baik buat anak

5. Bunda berikan konsekuensi yang logis saat anak anda melanggar aturan, cara ini sangat efektif tetapi anda harus memberikan konsekuensi yang bisa dimengerti anak, misal ia melanggar aturan biarkanlah ia merasakan konsekuensi dari perbutannya tersebut karena biasanya anak akan merasa penasaran konsekuensi yang kita terapkan benar atau tidak.

6. Bunda bersikaplah dengan tegas pada anak.

7. Tanamkan nilai-nilai positif sejak dini

8. Bunda berdiskusi dan bernegosiailah dengan anak

9. Disipilin dan konsisiten dalam menjalankan aturan yang telah di sepakati.

Bunda itulah beberapa cara mengajar anak disiplin menggunakan waktu semoga bermanfaat bagi bunda dan keluarga di rumah.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Obat Keputihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template supported super blog pedia
Proudly powered by Blogger