Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak

Bunda cara menumbuhkan rasa percaya diri anak perlu untuk bunda terapkan dirumah supaya anak-anak kita menjadi generasi yang percaya diri penuh semangat dan tentu menjadi manusia yang cerdas di masa yang akan datang. Bunda cara menumbuhkan rasa percaya diri anak dari sejak usia dini akan menghasilkan anak yang kreatif, imajinatif dan sangat percaya diri, hal ini tentu sangat diinginkan oleh orang tua dimanapun karena anak adalah poto copy dari orang tuanya. Cara menumbuhkan rasa percaya diri anak akan membuat anak cinta dengan dirinya dan orang lain sehingga hubungan sosial anak akan berkembang ke arah yang positif. Bunda sebelum kita terlambat sebaiknya dari sekarang kita mulai menerapkan cara menumbuhkan rasa percaya diri anak agar anak kita tidak menjadi generasi yang minder dan kurang percaya diri dan yang lebih parah jangan sampai anak kita melakukan hal-hal yang menjurus pada kenakalan apalagi sampai menarik diri dari lingkungannya.



Cara menumbuhkan rasa percaya diri anak :

1. Bunda hal pertama yang mempengaruhi rasa percaya diri anak adalah sistem pendidikan di rumah, bunda seperti sudah kita ketahui bahwa rumah adalah sekolah pertama anak kita yang akan terus melekat diotak bawah sadarnya, dan kita orang tua adalah gurunya. Nah sebenarnya ini adalah peluang yang bagus bagi bunda dan ayah dalam menerapkan pendidikan yang membentuk karakter positif pada anak, sebelum ada pengaruh dari lingkungan luar rumah bekal pendidikan anak sudah kuat sebelum ia keluar untuk mencari pendidikan tambahan di luar rumah.

2. Bunda berikanlah perhatian pada anak dengan sepenuh hati, luangkan waktu anda untuk bersama-sama dengan anak bermain atau melakukan kegiatan apapun dan berkomunikasilah dengan anak sepenuh hati juga sehingga akan tumbuh rasa percaya diri anak dan rasa percaya anak pada orang tuanya karena sudah terjalin kedekatan antara kita dan anak.

3. Jika anak melakukan kesalahan bunda jangan melabelkannya dengan kata negatif seperti nakal dll, bunda cukup beritahu anak bahwa perbuatan tersebut tidak baik atau kurang tepat dan berikan alasannya kenapa perbutan itu kurang tepat di lakukan oleh anak kita.

4. Bunda berikan arahan yang konsisten sehingga anak akan konsisten juga melakukan arahan dari kita.

5. Bunda jika ingin menanamkan nilai-nilai positif pada anak maka gunakanlah kata-kata yang positif hindari kata-kata negatif seperti tidak boleh, jangan, dll. karena kata-kata seperti ini akan membuat anak kehilangan rasa percaya diri untuk melakukan sesuatu karena ia akan ragu bahkan takut melakukan kesalahan.

6. Bunda berikanlah pujian dan teguran yang proporsional sesuai dengan usia anak kita dan bunda beri penjelasan kenapa anak di puji dan di tegur sehingga anak akan tahu alasan kenapa kita menegur dan memujinya sehingga anak dapat membedakan perbutan baik dan tidak baik.

7. Bunda jika kita punya lebih dari satu anak jangan membandingkan anak yang satu dengan yang lain karena setiap anak punya kelebihan masing-masing.

8. Bunda lebatkan anak kita saat mengambil keputusan hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak, atau bunda tanya pendapatnya tentang rencana bunda dan ayah sehingga anak merasa di hargai.

9. Bunda doronglah anak kita agar terlibat dalam kegiatan yang melibatkan orang banyak sehingga akan tumbuh sikaf sosial yang positif pada anak, dia akan mengetahui keberagaman, dan rasa saling menghormati dll.

10. Ikutkan anak dengan kompetisi yang mampu meningkatkan rasa percaya diri anak, tetapi bunda perlu menamkan kompetisi yang sehat sehingga saat anak kalah dia tidak menjadi minder atau tidak percaya diri justru malah sebaliknya ia akan belajar lebih giat lagi.

Nah bunda itulah cara menumbuhkan rasa percaya diri anak semoga bermanfaat bagi bunda dan keluarga.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Obat Keputihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template supported super blog pedia
Proudly powered by Blogger