Bagaimana memotivasi anak agar senang menulis

Bagimana memotivasi anak agar senang menulis mungkin pertanyaan ini sering kita dengar dari para orang tua yang ingin mengajarkan anaknya agar senang menulis, karena terkadang kita merasa kesulitan dalam meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Bagaimana memotivasi anak agar senang menulis ini juga menjadi pertanyaan yang sangat penting bagi orang tua. Bagaimana memotivasi anak agar senang menulis yang benar-benar efektif sehingga anak  menyenangi kegiatan belajar menulis dan membaca. Semoga tips Bagaimana memotivasi anak agar senang menulis di bawah ini bermanfaat bagi bunda di rumah.

sekarang pertanyaannya bagaimana memotivasi anak agar senang menulis, ada beberapa hal yang perlu bunda ketahui agar dapat meningkatkan motivasi anak kita dalam menulis maupun membaca;

Bunda ternyata sebelum anak menulis sebaiknya bunda memotivasinya untuk senang membaca terlebih dahulu karena membaca adalah dasar dari ia menulis, kenapa karena membaca dan menulis sangat erat hubungannya apabila anak kita sudah senang membaca maka lama kelamaan ia akan tertarik untuk menulis apa yang ia baca, semakin sering anak membaca maka semakin mudah anak memahami bacaan setelah memahmi bacaan biasanya anak akan termotivasi untuk menulis karya yang lebih baik daripada buku-buku yang telah ia baca dan akan termotivasi untuk membaca buku-buku yang lebih baik lagi.

Tips bagaimana memotivasi anak agar senang menulis?

1. Pada tahap ini bunda harus memotivasi anak agar senang membaca terlebih dahulu.

2. Biasakan anak kita menulis diary atau menulis tentang pengalamannya, curhat masalah pelajaran atau apapun. Bunda juga bisa melatih dia untuk berkirim surat walupun dengan seisi rumah atau bunda bisa bikin permainan yang membutuhkan menulis untuk memecahkannya.

3. Beri motivasi bahwa dengan menulis kita bisa mendapat banyak manfaat, selain bertamabh ilmu juga bisa bertambah teman. Caranya berkirim surat dengan teman-teman yang lain.

4. Beri pujian di setiap kemajuan yang dicapai oleh anak kita sekecil apapun berilah ia penghargaan walupun hanya kecupan di keningnya sebagi rasa sayang dan bangga kita kepadanya.

5. Jangan memberikan kritikan di awal ia belajar menulis berikan semangat terus untuk tetap menulis jika ia sudah mampu menulis kalimat yang agak panjang beri ia pujian dan penghargaan dari anda apapun itu.

6. Jika anak kita belum percaya diri untuk memperlihatkan hasil karya tulisannya pada kita, jangan kita memaksanya untuk memberikannya pada kita karena hal itu membuat anak tidak merasa nyaman.

7. Bunda jika anak kita sudah mempunyai karya yang semakin baik sebaiknya bunda memberi dukungan dan mengirimkannya pada majalah-majalah anak atau ikutkan anak dalam perlombaan penulisan walupun tidak menang yang penting ia sudah semakin berpengalaman.menang atau kalah tidaklah terlalu penting tanamkan pada ia jika kalah dalam sebuah perlombaan bukan berarti tulisannya tidak bagus tetapi harus terus berlatih lagi.

8. Bunda bisa coba menerbitkan buku karya anak kita paling tidak untuk lingkungan sendiri misal keluarga, teman dll. Hal ini akan memotivasi anak untuk terus menulis karena ternyata karyanya ada yang mau membaca.

 Bunda dukungan orangtua sangat penting dalam tahap-tahap awal anak belajar menulis karena anak akan merasa bahwa orangtuanya sangat mendukung keinginannya, Bunda bahkan tidak menutup kemungkinan kita orang tua yang jarang menulis bisa jadi akan ketularan menulis dan berkarya seperti anak kita. nah itulah beberapa cara bagaimana memotivasi anak agar senang menulis.

Semoga bermanfaat untuk si kecil dan anda.

Related product you might see:

Share this product :

+ comments + 2 comments

10 Februari 2012 pukul 21.01

sharing ya...Saya juga pernah nulis artikel tentang Memotivasi Anak untuk Menulis. Tapi fokusnya untuk anak didik karena saya seorang guru. Boleh buka blog saya alamatnya
http://www.isnahrimiati.blogspot.com/
makasi sebelumnya...Salam :-)

11 Februari 2012 pukul 16.01

Alhamdullilah bunda saya sudah mengunjungi blog bunda cuma komen sy ga bisa masuk, tulisan bunda sangat bermanfaat sekali semoga makin banyak anak didik kita yang senang menulis sehingga mereka menjadi generasi pecinta ilmu. salam kenal.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Obat Keputihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template supported super blog pedia
Proudly powered by Blogger