Bagaimana cara mengajari anak berbagi

Bagaimana cara mengajari anak berbagi merupakan pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para orang tua, biasanya orang tua merasa kesulitan saat mengajari anaknya bagaimana cara berbagi dengan teman saudara atau orang lain. Bagaimana cara mengajari anak berbagi harus di ketahui oleh para ibu supaya kita tidak salah dalam memaknai kata berbagi dengan mengalah. Bagaimana cara mengajari anak berbagi di bawah ini bisa bunda coba terapkan dirumah.


Bagaimana cara mengajari anak berbagi :

1. Bunda cara mengajari anak berbagi bisa kita mulai dari cara sederhana misal bunda membelikan anak jajanan maka suruh anak untuk membagi-bagi makanan yang telah anda belikan kepada anda, ayah, dan adik atau kakaknya. Hal ini terus saja lakukan berulang-ulang supaya anak mulai terbiasanya berbagi dengan orang lain. Lama kelamaan ia akan merasa kurang enak kalau tidak berbagi saat mempunyai makanan.

2. Bunda jangan coba-coba memaksakan kehendak bunda agar anak mau berbagi misal memaksa si kakak untuk memberi mainannya kepada adeknya, karena anda merasa si kakak sudah besar maka sudah sepantasnya ia mengalah, padahal hal ini kurang baik untuk psikologi si kakak karena ia akan merasa bundanya selalu membela adiknya. Bunda sebaiknya agar si kakak tidak merasa dinomerduakan bunda sebaiknya ajarilah mereka tentang menghormati dan mengahrgai hak orang lain.

3. Bunda jangan coba-coba merebut mainan si anak saat anak lain menginginkan mainan tersebut hal ini berdampak tidak baik untuk mental anak, karena anak akan mencontoh tindakan anda dan akan melakukan hal tersebut pada orang lain, memang mengajri anak berbagi harus di sertai dengan kesabaran namanya juga anak-anak masih belum banyak mengerti apalagi kalau bunda memaksakan kehendak tujuan bunda bukan hanya tidak akan tercapai tetapi anak juga jadi memberontak kepada anda.

4. Bunda cara bijak mengajari anak berbagi adalah dengan cara memberi pengertian untuk berbagi mainan dengan teman yang lain ini dilakukan supaya anak tidak egois atau pingin menang sendiri. Bunda suruh mereka untuk bermain bergantian karena dengan seperti itu bermain akan lebih menyenangkan.

Itulah beberapa hal yang bisa bunda coba di rumah, semoga bisa menjawab pertanyaan bagaimana cara mengajari anak berbagi. Bunda jika ingin sukses dalam mengajari anak berbagi maka bunda harus mulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga dan lakukanlah terus menerus maka dengan begitu anak akan mulai terbiasa, karena jika dari kecil ia sudah mau berbagi kelak saat dewasa sifat tersebut akan terus melekat.

Semoga bermanfaat.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Obat Keputihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template supported super blog pedia
Proudly powered by Blogger