Cara mengajari anak sopan santun di rumah

Cara mengajari anak sopan santun di rumah ini sangat penting untuk bunda dan ayah terapakan agar anak kita menjadi anak yang berakhlak mulia. Sungguh suatu kebanggaan bagi kita jika anak-anak kita mempunyai akhlak yang mulia ia akan di sukai oleh banyak orang. Cara mengajari anak sopan santun di rumah berikut ini mungkin sudah sering bunda dengar tetapi terkadang aplikasi dalam kehidupan sehari-hari belum bisa maksimal. Berikut ini beberapa cara mengajari anak sopan santun di rumah yang praktis dan bisa bunda terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

Bunda sebenarnya pendidikan utama anak di mulai dari saat ia dikandung dan di lahirkan ke dunia, jadi dari sedini mungkin kita harus mempersiapkan pendidikan akhlak dari sejak ia terlahir ke dunia bahkan jauh sebelum ia dilahirkan, kita sebagai orang tua harus berusaha untuk selalu berakhlak yang baik di manapun dan kapanpun jika kita menginginkan anak kita menjadi anak yang berakhlak mulia.



Cara mengajari anak sopan santun :
1. Dari waktu dilahirkan perdengarkanlah kata-kata yang baik seperti adzan.

2. Siapkanlah makanan yang halal bagi pertumbuhan anak kita, bunda makanan sering kita anggap hal yang sepele asal anak kenyang makanan apapun di berikan ternyata itu salah selain gizi yang harus kita perhatikan adalah kehalalan dari makanan tersebut karena makanan haram akan berpengaruh pada tabiat dan akhlak anak kita.

3. Ajarkan disiplin waktu sejak usia dini, jika kita mengajarkan disiplin waktu pada anak sejak dini maka akan mudah karakter tersebut melekat padanya.

4.Ajari anak perkataan-perkataan yang baik dan sopan sejak usia dini

5.Beri hukuman yang mendidik dan tidak menyakiti anak seperti memukul pantatnya, jika ia berbuat tidak sopan pada orang tua atau yang lainnya.

6. Ajari tanggung jawab pada anak sejak usia dini bisa bunda mulai sejak usia anak 10 tahun.

7. Bunda dan ayah harus menjadi contoh atau tauladan yang baik dalam hal sopan santun di rumah karena figur pendidik utama adalah ayah dan ibunya.

Itulah beberapa cara mengajari anak sopan santun di rumah semoga bermanfaat bagi bunda dan ayah.

Related product you might see:

Share this product :

+ comments + 2 comments

21 Februari 2013 pukul 16.48

Bagaimana agar anak terbiasa menyapa? anakku yang gede kalau ketemu tetangga suka cuek aja. Padahal dulu pas masih kecil suka salam setiap ketemu orang yg dikenal. Tks

25 Februari 2013 pukul 10.32

Bunda emeylia yang baik hati. bunda bisa mencoba cara ini, yaitu anak diberikan contoh, 1 contoh lebih baik daripada 1000 nasihat, insyallah anak akan menirunya, oya bunda juga bisa memberikan reward atau pujian jika anak menyapa orang - orng di sekitarnya. bunda bisa buat target sederhana dulu, misalnya menyapa om atau siapa saja orang - orang terdekat. bunda juga bisa mengajak sering - sering silaturahmi ke tetangga. anak yang tidak mudah menyapa biasanya hanya faktor waktu dan intensitas anak bertemu dengan orang lain

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Obat Keputihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template supported super blog pedia
Proudly powered by Blogger