Cara mengajar anak menghormati sesama

Manusia adalah mahluk sosial yang harus berinteraksi dengan siapapun, bunda cara mengajar anak menghormati sesama sangat penting bunda perhatikan agar anak-anak kita mampu menghormati sesamanya baik yang seumuran dengan mereka, yang lebih tua, atau anak yang usianya di bawah anak kita. Cara mengajar anak menghormati sesama  ini harus di terapkan secara konsisten dalam keseharian agar dapat terlihat hasilnya saat anak-anak bersosialisasi dengan orang lain.

Bunda terkadang kita menemui anak yang kurang menghargai orang tuanya atau hak orang lain sperti ambil mainan temannya dll, ini di karenakan kurangnya pengajaran orang tua tentang menghormati sesama. Nah supaya anak-anak kita menjadi generasi yang menghormati sesamanya ada baiknya tips cara mengajar anak menghormati sesama ini bunda praktekan di rumah :


1. Bunda harus bersikap tegas
Bunda tegas dengan keras atau galak tentu berbeda ketegasan adalah bentuk kekonsistenan kita pada peraturan yang telah kita buat, dan anak sebaiknya  sudah mengetahui alasan kenapa kita bersikap seperti itu sehingga hal yang tidak bunda inginkan tidak terulang kembali.

2.Dapat di percaya
Bunda harus menjadi sosok orang kepercayaan anak kita, jika kita telah menjadi sosok kepercayaan anak maka akan lebih mudah bagi kita menanamkan nilai-nilai positif kepadanya.

3. Bunda jadilah orang tua yang konsisten terhadap peraturan atau setiap kata-kata yang di ucapakan artinya kata dan perbuatan kita harus sama supaya kita menjadi contoh buat anak bahwa kita adalah orang yang konsisten terhadap apa yang diucapkan dan dilakukan.


4.Bunda hindari berdusta atau berjanji palsu pada anak karena hal ini bisa berakibat fatal yaitu hilangnya kepercayaan anak pada kita.

5. Bunda ajarkanlah pada anak kita tentang hak-hak dia dan orang lain sehingga ia mampu menghargai haknya dan hak orang lain.

6. Bunda kita harus berani meminta maaf saat kita berbuat kesalahan sehingga kita dapat menanamkan sikap berani mengakui kesalahan pada anak, hal ini penting agar saat anak melakukan kesalahan kepada orang lain ia akan secara otomatis meminta maaf.

7. Jadilah sosok yang pemaaf, sosok pemaaf di sini bukan berarti kita tidak tegas pada anak tetapi kita mencontohkan pada anak agar saat orang lain berbuat salah padanya ia mudah memaafkan keslaahan orang lain.

8. Bunda sering-seringlah ajak anak untuk berinteraksi dengan banyak orang sehingga ia akan mengetahui bagaimana menghormati sesama dengan praktek langsung di lapangan.

9.Bunda tetap harus menjadi tauladan bagi anak dalam menghormati sesama karena apabila kita mengajarkan kepada anak tentang menghormati sesama tetapi kita tidak melakukannya maka akan sia-sia saja apa yang kita ajarkan.

Begitu bunda beberapa cara mengajar anak menghormati sesama semoga bermanfaat bagi bunda dan keluarga agar tercipta kerukunan dalam keluarga dan masyarakat. Nilai-nilai yang positif harus kita tanamkan pada anak sedini mungkin agar tertancap kuat dalam memory bawah sadar anak kita.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Obat Keputihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template supported super blog pedia
Proudly powered by Blogger